Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, PENDAPATAN, DAN EFIKASI KEUANGAN TERHADAP PEIRLAKU MANAJEMEN KEUANGAN PELAKU UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Budidaya Perikanan Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar)

VIONA ROSALINDA, - (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, PENDAPATAN, DAN EFIKASI KEUANGAN TERHADAP PEIRLAKU MANAJEMEN KEUANGAN PELAKU UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Budidaya Perikanan Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL.

[img] Text (BAB V)
WR SKRIPSI FULL VIONA ROSALINDA-76-113.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIONA ROSALINDA_removed (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN, PENDAPATAN, DAN EFIKASI KEUANGAN TERHADAP PEIRLAKU MANAJEMEN KEUANGAN PELAKU UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Budidaya Perikanan Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar) Oleh : VIONA ROSALINDA 11870120267 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Pendapatan, dan Efikasi Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada pelaku usaha budidaya Kecamatan Kuok baik secara parsial ataupun simultan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuisioner responden serta data sekunder yang diperoleh dari literatur serta jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Populasi dari penelitian ini yaitu pelaku usaha budidaya perikanan di Kecamatan Kuok yang berjumlah 55 responden. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh sehingga jumlah sampel sebanyak 55 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kualitas instrumen, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS ver.25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Keuangan, Pendapatan, dan Efikasi Keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pelaku usaha budidaya perikanan Kecamatan Kuok. Sedangkan Inklusi Keuangan tidak berpengaruh terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pelaku usaha budidaya perikanan Kecamatan Kuok. Sedangkan secara simultan Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Pendapatan, dan Efikasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pelaku usaha budidaya perikanan Kecamatan Kuok. Nilai Adjusted R square sebesar 0,727 menunjukkan bahwa bahwa variabel Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Pendapatan, Efikasi keuangan secara simultan dapat menjelaskan variabel Perilaku Manajemen Keuangan sebesar 72,7%, sedangkan sisanya sebesar 28,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dan digunakan peneliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Pendapatan, Efikasi Keuangan, dan Perilaku Manajemen Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:03
Last Modified: 04 Jul 2022 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60857

Actions (login required)

View Item View Item