Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEO AS AUDIO-VISUAL MEDIA TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT THE TENTH GRADE OF SMAN PLUS RIAU PROVINCE

RISMA DESI FITRI, - (2022) THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEO AS AUDIO-VISUAL MEDIA TOWARD STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT THE TENTH GRADE OF SMAN PLUS RIAU PROVINCE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img]
Preview
Text
THESIS RISMA DESI FITRI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risma Desi Fitri, (2022): Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Dari Audio Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMAN Plus Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jenis dari media audio-visual yaitu animasi video terhadap kemampuan berbicara siswa, yang mana pengaruh tadi dapat meningkatkan tidak hanya kemampuan siswa tetapi juga motivasi dan kegiatan pembelajaran dikelas. Masalah yang dihadapi oleh siswa dalam mempelajari bahasa, terutama dalam berbicara bahasa inggris didepan kelas yaitu siswa kurang mengembangkan ide saat berbicara atau berdialog, siswa sedikit kesulitan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu topik karna kurangnya kosa-kata, sulit dalam mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris. Maka, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang masalah tersebut dengan menggunakan strategi penggunaan animasi video dari jenis Audio-Visual sebagai media pembantu saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media Audio-Visual pada pembelajaran berbiacara di SMAN Plus Provinsi Riau. Penelitian ini melibatkan 30 siswa dari kelas X MS 2 sebagai kelas experiment dan 30 siswa dari kelas X SS 1 sebagai kelas control. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes ektensif dengan menggunakan kemampuan lisan ataupun story telling untuk mengetahui pencapaian kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan animasi video dari jenis Audio-Visual Media Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan independent sample T-test melalui SPSS versi 23 dan formula eta-square. Peneliti menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video animasi pada pembelajaran berbicara di SMAN Plus Provinsi Riau dimana nilai eta-squared adalah 0,179 dengan kategori efek besar, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:49
Last Modified: 01 Jul 2022 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60801

Actions (login required)

View Item View Item