Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MOTIF PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DI KALANGAN GENERASI Z (STUDI KASUS MAHASISWI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU)

NUR SAPUTRIYAN, - (2022) MOTIF PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DI KALANGAN GENERASI Z (STUDI KASUS MAHASISWI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Saputriyan Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Motif Penggunaan Second Account Instagram di Kalangan Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau) Penelitian ini berjudul “Motif Penggunaan Second Account Instagram di Kalangan Generasi Z, di mana studi kasus dilakukan pada mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif dalam penggunaan second account Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskiptif. Teori yang digunakan yaitu Teori Dramaturgi dari Erving Goffman. Teori ini menjelaskan bahwa di dalam kegiatan interaksi satu sama halnya dengan pertunjukkan drama, memiliki panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motif penggunaan second account untuk membagikan hal yang di senang sehingga memiliki kepuasan tersendiri, bebas dalam mengekspresikan diri dengan itu keinginan batinnya sedikit terpenuhi, Membuat orang terdekatnya tahu identitas personalnya, menjalin komunikasi kepada orang terdekatnya, dan menjadi hiburan. Di dalam penelitian ini para Informan menggunakan second account sebagai panggung belakang yaitu akun bebas dalam melakukan segala hal sedangkan akun utam di jadikan sebagai panggung depan yaitu akun pencitraan dan formalitas kepada khalayak saja. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan kepada informan dan melihat kegiatan yang dilakukan infroman pada second account, lalu melihat pola tingkah laku informan secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 6 informan sesuai dengan konsep penelitian yang hendak diteliti. Kata Kunci : Instagram, Second Account, Generasi Z, Dramaturgi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:23
Last Modified: 30 Jun 2022 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60785

Actions (login required)

View Item View Item