Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (STUDI KASUS:PTPN V SEI GALUH)

DIAN NUR IQBAL, - (2022) ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (STUDI KASUS:PTPN V SEI GALUH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

DIAN NUR IQBAL (2022) : ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (STUDI KASUS:PTPN V SEI GALUH) Penelitian ini berfokus pada upaya mengurangi resiko kecelakaan kerja pada lantai produksi PTPN V Sei Galuh menggunakan metode FMEA dan FTA. Tujuan penilitan ini adalah untuk menganalisis potensi kecelakaan kerja prioritas yang terjadi pada stasiun loading ramp, perebusan, dan rantaian dengan menggunakan metode FMEA, untuk menganalisis penyebab kecelakaan kerja yang di prioritaskan agar dapat melakukan pencegahan preventif dengan menggunakan Metode FTA, mendesain display untuk mencegah kecelakaan kerja. Metode yang digunakan adalah metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) dan metode FTA (Fault Tree Analysis). Setelah melakukan analisa menggunakan meode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) pada stasiun loading ramp, perebusan, dan rantaian didapat potensi kecelakaan kerja prioritas yaitu terpeleset dari tangga loading ramp pada kegiatan mengisi TBS ke lori dengan nilai risk priority number 70. Setelah menganalisa menggunakan metode FTA (Fault Tree Analysis) didapat 13 penyebab terjadinya kecelakaan prioritas yaitu tidak ada rambu-rambu K3, Ceceran minyak di lantai, kurangnya pembersihan lingkungan, bercanda dalam bekerja, kurang fokus, pekerja lalai, mengabaikan aturan K3, pekerja tidak nyaman menggunakan APD, penerapan aturan tentang APD kurang ketat, kondisi badan kurang sehat, kurang semangat bekerja, terbatasnya pengawasan k3, dan waktu pengawasan terbatas. Adapun desain display yang dihasilkan untuk mencegah kecelakaan terpeleset dari tangga loading ramp. Kata kunci: FMEA, FTA, K3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:19
Last Modified: 30 Jun 2022 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60766

Actions (login required)

View Item View Item