Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGUASAI MUFRADAT SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FANNY FITRI SARITA, - (2022) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENGUASAI MUFRADAT SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FANNY FITRI SARITA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fanny Fitri Sarita,(2022) :Penerapan Metode Role Playing dalam Menguasai Mufradat Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru Tahun Pelajaran 2021/2022” Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Penerapan Metode Role Playing dalam Menguasai Mufradat Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al – Muttaqin Pekanbaru Tahun Pelajaran 2021/2022.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Penerapan metode role playing dalam menguasai mufradat, kesulitan atau kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam menguasai mufradat serta upaya dalam mengatasi kendala siswa dalam menguasi mufradat dengan menggunakan metode role playing di Madrasah Tsanawiyah Al – Muttaqin Pekanbaru tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis melalui reduksi data dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode role playing dalam menguasai mufradat siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah dimulai dengan kegiatan yang sederhana, pertama guru menyuruh salah satu siswanya menyebutkan beberapa mufradat yang telah diberikan minggu lalu, setelah itu guru bahasa Arab menjelaskan beberapa langkah-langkah dalam menggunakan metode role playing dalam menguasai mufradat, guru juga menjelaskan beberapa struktur kalimat yang ada di dalam teks drama agar siswa lebih memahami teks drama tersebut. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menguasai mufradat yaitu beberapa faktor yang berasal dari dalam diri siswa, lingkungan, materi dan kurikulum dan sarana- prasarana pendukung pembelajaran. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut guru terkait telah berupaya semaksimal mungkin agar Penerapan metode role playing dalam menguasai mufradat siswa tetap berjalan dengan baik, adapun beberapa upaya yang dilakukan yaitu dengan terus memperbaiki diri dengan terus belajar dalam menggunakan sebuah metode,terus memberikan motivasi dan melakukan bimbingan serta berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga Penerapan metode role playing dalam menguasai mufradat tetap berjalan sesuai prosedur. Kata kunci: Role Playing, Mufradat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:01
Last Modified: 30 Jun 2022 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60757

Actions (login required)

View Item View Item