Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA KEBERSAMAAN KELAS II SD IT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

DIKI WAHYUDI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA PADA TEMA KEBERSAMAAN KELAS II SD IT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V TANPA PEMBAHASAN DIKI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN DIKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Diki Wahyudi, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Pada Tema Kebersamaan Kelas II Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerja sama siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada tema kebersamaan di kelas II Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa diantaranya, siswa kurang berkomunikasi, menghormati pendapat individu, siswa kurang bertanggung jawab, dan kurang berkontribusi dalam kelompok saat diskusi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 14 siswa kelas II Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kerja sama siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari persentase kerja sama siswa sebelum tindakan yaitu 44,57% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kerja sama siswa mencapai 54,86% dengan kategori cukup dan pada siklus II kerja sama siswa meningkat menjadi 78,29% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kerja sama siswa pada pembelajaran Tematik kelas II Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Make A Match, Kerja Sama Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:43
Last Modified: 30 Jun 2022 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60754

Actions (login required)

View Item View Item