Meisuriyeni, Mei (2022) PENGARUH KOMUNIKASI NON VERBAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MATERI DINAMIKA LITOSFER DI MADRASAH ALIYAH SWASTA KEPENUHAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar oleh komunikasi guru sebagai alat interaksi antara guru dan siswa , yang mana tugas guru dalam menyampaikan materi pelajaran siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru, untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantit atif dengan jenis penelitian yang digunakan survei lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Komunikasi guru pada pembelajaran geografi tentang materi Dinamika Litosfer diperoleh persentase sebesar skor 70.41% berada pada rentang skor 61-80% maka dapat ditarik kesimpulan komunikasi guru di Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan tergolong baik. Hasil belajar dalam pembelajaran geografi tentang materi Dinamika Litosfer 42 siswa 84.0% yang tergolong kategori baik,dan 8 siswa 16.0% yang tergolong pada kategori sangat baik. Hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan adalah baik. Apabila probalitas lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05 atau nilai sig < 0,05) maka hipotesa alternatif diterima dan hipotesa nol ditolak, sebaliknya jika nilai probabilitas lebih besar dari 0,05 (p >0,05 atau nilai sig > 0,05) maka hipotesa alternatif diterima dan hipotesa nol ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan komunikasi non verbal guru terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi di Madrasah Aliyah Swasta Kepenuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Guru, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 05:02 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 05:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60733 |
Actions (login required)
View Item |