Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI KERUANGAN DESA DAN KOTA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU

Rabiyatul Adawiyah N, Wiyah (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI KERUANGAN DESA DAN KOTA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKIRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode diskusi materi Interaksi Desa Kota pada pembelajaran geografi terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dengan menerapkan metode diskusi pada materi Interaksi Desa Kota pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah/madrasah, Guru dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa memberikan pengaruh yang sangat berbeda dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran geografi materi Sistem Informasi Geografis. Motivasi belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan Metode Diskusi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 28,47 menjadi 52,55 pada nilai post test. Jika dihitung persentasi yang diperoleh, maka dapat dilihat besar kenaikan dengan menggunakan rumus = selisih angka/nilai sebelumnya x 100% sehingga diperoleh besar kenaikan adalah 54,17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Motivasi Belajar, Interaksi Desa Dan Kota
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:16
Last Modified: 29 Jun 2022 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60729

Actions (login required)

View Item View Item