Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DALAM MENGATASI KEMISKINAN DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus: Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuningan)

LIA AMELIA, - (2022) STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL DALAM MENGATASI KEMISKINAN DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus: Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuningan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Lia Amelia.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lia Amelia, (2022) : Strategi Badan Amil Zakat Nasional Dalam Mengatasi Kemiskinan Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus: Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuningan). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu cara dalam Islam untuk mengatasi kemiskinan adalah melalui pemberdayaan zakat. Di Kabupaten Kuningan terdapat lembaga pengelola zakat yakni BAZNAS Kabupaten Kuningan, diharapkan dengan adanya Baznas tersebut dapat memanfaatkan dana zakat yang seharusnya mampu mengatasi kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Jika dilihat dari segi penduduk Kabupaten Kuningan yang mayoritas beragam Islam seharusnya potensi zakat yang dimiliki Baznas Kabupaten Kuningan cukup tinggi, namun angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan pada kenyataannya semakin meningkat. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh Baznas dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan riset pustaka. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 orang, serta teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi badan amil zakat nasional dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Kuningan adalah melalui penyaluran dana zakat yang bersifat konsumtif dan produktif. Penyaluran dana zakat yang bersifat produktif adalah melalui pemberdayaan zakat berupa modal usaha ekonomi produktif kepada masyarakat penerima bantuan zakat. Efektivitas pelaksanaan program-program yang dilakukan Baznas dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Kuningan sudah efektif, karna masyarakat (mustahiki) mampu meningkatkan kesejahteraan hidup mereka yang lebih baik. Sedangkan pandangan ekonomi syariah terhadap strategi badan amil zakat nasional dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Kuningan belum sesuai, karna Baznas masih belum mampu untuk mengatasi keseluruhan kemiskinan di Kabupaten Kuningan, mengingat penghimpunan dana zakat yang diterima di Baznas jauh berbeda dari potensi zakat yang ditargetkan. Kata Kunci: Strategi Badan Amil Zakat Nasional, Dalam Mengatasi Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:46
Last Modified: 29 Jun 2022 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60715

Actions (login required)

View Item View Item