Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KONSINYASI PEDAGANG MAKANAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

NAZIRMAN, - (2022) IMPLEMENTASI KONSINYASI PEDAGANG MAKANAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Nazirman.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nazirman, (2022) : Implementasi Konsinyasi Pedagang Makanan Di Lingkungan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya masyarakat Desa Purba Baru yang melakukan praktik konsinyasi memanfaatkan peluang ekonomi dengan keberadaan santri Pondok Pesantren Musthafawiyah. Konsinyasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kerjasama penjualan dimana satu pihak menitipkan barangnya untuk dijualkan oleh pihak lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi konsinyasi pedagang makanan di lingkungan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Serta untuk mengetahui perspektif ekonomi syariah dalam implentasi konsinyasi tersebut. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Musthafawiyah, atau tepatnya di Desa Purba Baru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Dalam menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan teknik total sampling, untuk itu sample dalam penelitian ini sebanyak 22 orang. Teknik pengumulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket, dan dokumntasi, serta dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu: 1) Implementasi konsinyasi di lingkungan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru diawali dengan adanya perjanjian kerjasama antara pemilik makanan dengan pemilik warung, perjanjian tersebut meliputi jenis makanan yang akan dijual, kuantitas makanan, perhitungan upah yang akan diperoleh penjual, serta kejelasan mengenai makanan yang tidak habis terjual. Setelah adanya kesepakata tersebut jual beli dengan sistem konsinyasi dapat dilakukan. 2) Ada beberapa pendekatan akad dalam ekonomi islam terkait dengan implementasi konsinyasi tersebut. Dalam hal ini peneliti menggunakan akad wakalah bil ujrah. Untuk itu implementasi konsinyasi tersebut telah sah dan sesuai dengan perspektif ekonomi syariah dengan terpenuhinya keseluruhan rukun dan syarat dari akad wakalah bil ujrah tersebut. Kata Kunci: Implementasi, Konsinyasi Makanan, Pondok Pesantren Musthafawiyah, Masyarakat Desa Purba Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:22
Last Modified: 29 Jun 2022 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60707

Actions (login required)

View Item View Item