Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 008 SEBERANG PANTAI KUANTAN SINGINGI

DELIZA ANDRIANI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 008 SEBERANG PANTAI KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img]
Preview
Text
BAB A1- BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

ABSTRAK Deliza Andriani, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table untuk Meningkatkan Katerampilan Menulis Puisi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Seberang Pantai Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Seberang Pantai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa, diantaranya siswa kurang menulis puisi sesuai dengan temanya, kurang menggunakan pilihan diksi yang tepat, kurang menggunakan rima dalam penulisan puisi dan kurang menggunakan tipografi dalam penulisan puisi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe round table dan keterampilan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan teknik analisis data bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan peningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan adalah 49,6 pada kategori kurang. Setelah dilakukan siklus I rata-rata adalah 66,99 pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II rata-rata adalah 84,57 pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Seberang Pantai. Kata Kunci: Round Table, Keterampilan Menulis Puisi Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:36
Last Modified: 29 Jun 2022 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60705

Actions (login required)

View Item View Item