ASRI WIDIA NINGSIH, - (2022) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Asri Widia Ningsih, (2022): Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi jurusan ilmu pengetahuan sosial di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya siswa yang tidak menggunakan gadget nya untuk mencari informasi materi pelajaran melainkan digunakan untuk bermain game, adanya siswa yang menggunakan gadgetnya untuk chatting dan mengakses media sosial lain di dalam jam pelajaran, dan siswa yang tidak berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelititan ini berjumlah 227 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling berjumlah 145 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian terbukti bahwa terdapat terdapat pengaruh antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai R2 (R Square) sebesar 0,269 = 26,9%. Hal ini menunjukkan presentase sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 26,9% atau variasi variabel independent (teknologi informasi) terhadap minat belajar siswa sebesar 26,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Pemanfaatan, Teknologi Informasi, Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:18 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60703 |
Actions (login required)
View Item |