Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM HABIBIE & AINUN 3: TINJAUAN PRAGMATIK SEBAGAI MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XI

ANGGI ROSITA DEWI, - (2022) TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM HABIBIE & AINUN 3: TINJAUAN PRAGMATIK SEBAGAI MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANGGI ROSITA DEWI (2022) : TINDAK TUTUR ILOKUSI EKSPRESIF DALAM FILM HABIBIE & AINUN 3: TINJAUAN PRAGMATIK SEBAGAI MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XI Penelitian ini berjudul “Tindak Tutur Ilokusi Ekspresif dalam Film Habibie & Ainun 3: Tinjauan Pragmatik Sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kelas XI”. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk tuturan ekspresif, (2) Cara pengungkapan bentuk tindak tutur ekspresif pada tuturan literal dan tak literal dan (3) Implementasi tuturan ekspresif sebagai materi ajar pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XI yang terdapat dalam film Habibie & Ainun 3 sutradara Hanung Bramantyo. Penelitian ini termasuk penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik simak. Teknik analisis data yang digunakan menonton, menyimak, mencatat, penomoran, diklasifikasikan. Bentuk tindak tutur ekspresif dalam penelitian ini berjumlah 220 tuturan yang teridentifikasi sebagai tindak tutur ekspresif. Cara pengungkapan tindak tutur ekspresif pada tuturan literal penelitian ini berjumlah 61 yang teridentifikasi sebagai tindak tutur ekspresif cara pengungkapan literal dan cara pengungkapan tak literal terdapat 23 tuturan yang teridentifikasi sebagai tindak tutur ekspresif dengan cara pengungkapan tak literal. Tindak tutur ekspresif dalam film Habibie & Ainun 3 ini dapat diajarkan oleh guru bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XI, khususnya dalam pembelajaran drama dengan Standar Kompetensi.6 Berbicara memerankan tokoh dalam pementasan drama dan Kompetensi Dasar.6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh. Kompetensi Dasar.6.2 Mengekspresikan perilaku dialog tokoh protagonis dan atau antagonis. Kata Kunci: Tindak Tutur Ekspresif, Literal dan Tak Literal, Materi Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:03
Last Modified: 29 Jun 2022 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60681

Actions (login required)

View Item View Item