Antok Arianto (2014) PENERAPAN METODE QIRO’AH DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (64kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Qira,ah (Reading method) dan mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode Qira,ah (Reading method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an. Dari hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an, peneliti menemukan permasalahan di sekolah tersebut tentang pembelajaran bahasa Arab, bahwa guru bahasa Arab telah menggunakan metode yaitu metode Qira,ah (Reading method). Jika metode yang di gunakan bagus dan di terapkan dengan benar maka hasil pembelajaran yang diperoleh guru juga akan bagus, akan tetapi kenyataannya guru belum memperoleh hasil yang bagus. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan dan persentase siswa rendah dalam pembelajaran bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Qira,ah (Reading method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an. Analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara penulis memperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode Qira,ah (Reading method) dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an, yang dilakukan oleh guru Bahasa Arab dalam proses mengajar hasilnya “ Baik” dengan hasil akhir dari data observasi 32 item telah dilakukan oleh guru dengan persentase 76.1% dan 10 item yang belum dilakukan dengan persentase 23.8%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Jul 2016 18:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2016 18:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6068 |
Actions (login required)
View Item |