Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA UMMAH DALAM AL-QUR’AN SURAH AN-NAHL: 120 DAN KAITANNYA DENGAN KETELADANAN NABI IBRAHIM

Yuni Amalia, Yuni (2022) MAKNA UMMAH DALAM AL-QUR’AN SURAH AN-NAHL: 120 DAN KAITANNYA DENGAN KETELADANAN NABI IBRAHIM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)

Abstract

“Makna Ummah dalam Al-Qur’an Surah an-Nahl: 120 dan Kaitannya dengan Keteladanan Nabi Ibrahim”. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang begitu sempurna, ayat-ayat di dalamnya beragam, seperti membahas hal-hal yang berkaitan tentang ummah pada Qs. An-Nahl ayat 120 terdapat term ummah yang diartikan sebagai imam. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui makna ummah dalam al-Qur’an surah an-Nahl 120 dan kaitannya dengan keteladanan Nabi Ibrahim. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah apa makna ummah dalam Al-Qur’an surah an-Nahl 120 dan bagaimana kaitan makna ummah dengan keteladanan Nabi Ibrahim. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tematik. Data-data yang terkait dalam penilitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat dan surah yang berhubungan dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literartur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil dari penelitian ini adalah At-Thabari, Ibnu Katsir, HAMKA, dan Wahbah Zuhaili dalam tafsirnya mengartikan ummah sebagai seorang imam yang mengajari kebaikan, pada dirinya terkumpul sifat-sifat yang baik dan mengetahui akan serba-serbi hukum syariat, serta menjadi panutan. Nabi Ibrahim adalah suri tauladan yang baik. Kaitan ummah dengan keteladanan nabi Ibrahim adalah pada sifat dan karakter, seorang yang ummah harus bertauhid, taa’t, patuh, sabar, tawakkal, jujur dan berani, teliti dan cermat serta peduli dan ikhlas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makna, Ummah, Keteladanan
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:22
Last Modified: 29 Jun 2022 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60679

Actions (login required)

View Item View Item