Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS KAUM IBU DALAM MAJELIS TAKLIM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI KECAMATAN TUAH MADANI

ASMAUL HUSNA SIREGAR, - (2022) AKTIVITAS KAUM IBU DALAM MAJELIS TAKLIM DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA DI KECAMATAN TUAH MADANI. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TEHSIS ALMAUL HUSNA SIREGAR.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Asmaul Husna (2021): Aktivitas Kaum Ibu dalam Majelis Taklim dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Kecamatan Tuah Madani. Tujuan penelitian (Thesis) ini adalah untuk mengetahui Aktivitas kaum Ibu dalam Pembelajaran Majelis Taklim dan pengaruhnya terhadap Pendidikan Anak dalam keluarga. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah, pertama; Bagaimana profile pembelajaran Majelis Taklim di Kecamatan Tuah Madani, dan kedua; Apakah ada pengaruh aktivitas pembelajaran kaum ibu di majelis Taklim terhadap Pendidikan anak dalam keluarga di Kecamatan Tuah Madani. Menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan penelitian desktrifitf kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi sederhana, dengan SPSS 21. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pertama; Profile pembelajaran Majelis Taklim, dilakukan secara face to face, dengan ustaz (pendidik) yang sering berganti-ganti, tidak memiliki acuan kurikulum ataupun pedoman belajar, materi pembelajarans sering tumpah tindih, metode dengan bentuk ceramah mendominasi setiap proses pembalajaran. Sasaran pembelajaran pada umumnya hanya menyentuh aspek kognitif. Kedua; Aktivitas pembelajaran kaum ibu di Majelis Taklim tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pendidikan anak dalam Keluarga di kecamatan Tuah Madani. Dan hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdapat dalam proses pembalajran, antara lain, tingkah kehadiran di Majelis Taklim, kurang aktif mencatat dan membaca hand out, dan termasuk cukup sedikit materi tentang kegiatan mendidik anak yang dijadikan materi pembelajaran Majelis Taklim. Kata Kunci : Aktivitas, Majelis Taklim, Pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:15
Last Modified: 28 Jun 2022 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60668

Actions (login required)

View Item View Item