MEUTHIA MAHARANI, - (2022) PENGARUH MEREK DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
||
|
Text
SKRIPSI MEUTHIA MAHARANI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Meuthia Maharani, (2022): Pengaruh Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana produk makanan dan minuman sudah sangat banyak beredar di pasaran saat ini. Mulai dari produk yang memiliki merek dan sudah ada label halal sampai produk yang memiliki merek namun belum ada label halal. Banyak makanan dan minuman kemasan yang masuk baik dari dalam maupun luar negeri, oleh karena itu setiap makanan dan minuman kemasan harus mempunyai merek dan label halal untuk melindungi konsumen. Dengan adanya merek dan label halal pada kemasan dapat mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk makanan dan minuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek dan label halal terhadap keputusan pembelian dan tinjauan ekonomi syariah tentang merek dan label halal terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru dengan sampel sebanyak 100 orang yang didapat dari rumus conchran karena total populasi tidak diketahui dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa angket dan data sekunder berupa literatur, jurnal, dan sumber-sumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji penyimpangan asumsi klasik, uji model analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi, dan uji hipotesis penelitian dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian ini adalah dari uji t diperoleh bahwa variabel merek memiliki nilai thitung 2,149 dengan nilai signifikansi 0,034<0,05 maka Ha diterima dan Variabel label halal memiliki nilai thitung 5,395 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 maka Ha diterima. Hasil uji F bahwa Fhitung>Ftabel yaitu 28,874>3,09 sehingga variabel merek dan label halal berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,360 nilai tersebut menggambarkan merek dan label halal mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 36% dan sisanya 64% dipengaruhi oleh variabel lain. Nilai R sebesar 0,611 artinya korelasi antara variabel merek dan label halal dengan variabel keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat. Ditinjau menurut ekonomi syariah, masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru dalam membeli produk makanan dan minuman kemasan sesuai dengan prinsip dasar konsumsi Islami. Kata Kunci : Merek, Label Halal, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 08:33 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 08:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60655 |
Actions (login required)
View Item |