Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN SEKOLAH DALAM MENGHASILKAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-FARUQI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Irfan Mohd. Fauzi, - (2022) PERENCANAAN SEKOLAH DALAM MENGHASILKAN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-FARUQI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
IRFAN MOHD FAUZI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
IRFAN MOHD FAUZI - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: perencanaan sekolah dalam menghasilkan mutu lulusan di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Faruqi Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yaitu: penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, majelis guru, peserta didik dan alumni, sedangkan objeknya yaitu, perencanaan sekolah dalam menghasilkan mutu lulusan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah sekolah membuat prencanaan sekolah berdasarkan prinsip mutu, setiap perencanaan dari program kerja pendidikan dilaksanakan setelah satu semester berakhir. Diakhir semester akan ada kegiatan evaluasi dalam menelaah setiap kekurangan dan permasalahan yang akan muncul. Perencanaan yang dibuat merupakan hasil kerja keras secara bersama dalam menghasilkan prestasi pada peserta didik untuk menjadi alumni yang bermutu. Strategi yang dilakukan dengan memberikan inovasi perangkat pembelajaran secara terus menerus dengan kreatifitas yang dimiliki oleh tenaga pendidik agar terlaksana dengan baik sesuai Standar Nasional Pendidikan. Faktor pendukung adalah sekolah memiliki hubungan yang baik dengan orang tua atau wali peserta didik, alumni yang lulus memiliki kemampuan yang mempuni dalam keahlian tata boga dan tata busana. Sedangkan faktor penghambat yaitu, lulusan yang tamat masih memilih untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan yang umum yang tidak linearitas dengan program keahliannya semasa di sekolah. Jumlah peserta didik yang relatif sedikit membuat anggaran yang diterima dari pemerintah melalui bantuan operasional sekolah juga sedikit, tenaga pendidik masih belum memiliki sertifikat profesional bahkan pengalaman mengajar pada suatu lembaga pendidikan sebelumnya. Kata Kunci: Perencanaan Sekolah, Mutu Lulusan, Pendidikan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:54
Last Modified: 29 Jun 2022 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60649

Actions (login required)

View Item View Item