Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN FONOLOGIS DALAM MEMBACA TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 TUALANG

FEBRI WAHYUNI, - (2022) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGIS DALAM MEMBACA TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 TUALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FEBRI WAHYUNI (2022) : ANALISIS KESALAHAN FONOLOGIS DALAM MEMBACA TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 TUALANG Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca siswa yang masih rendah dalam membaca teks berita. Hal ini banyaknya siswa yang mengalami beberapa kendala, misalnya: siswa kurang memperhatikan artikulasi atau pelafalan, dan tanda baca serta siswa tidak memahami kosa kata baku dan tidak baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk kesalahan fonologis serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan fonologis dalam membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 4 Tualang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan angket (kuesioner). Setelah data terkumpul, selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan dua teknik, yaitu: Pertama, teknik analisis data kualitatif untuk kesalahan fonologis. Kedua, teknik analisis data deskriptif persentase untuk faktor-faktor penyebab kesalahan fonologis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kesalahan fonologis dalam membaca teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 4 Tualang diklasifikasikan menjadi 3, yaitu: kesalahan dalam bentuk penghilangan fonem terdapat 200 kesalahan (45,55%), kesalahan dalam bentuk penambahan fonem terdapat 92 kesalahan (20,96%), dan kesalahan dalam bentuk perubahan fonem, terdapat 147 kesalahan (33,49%). Selanjutnya, yang berkenaan dengan faktor penyebab kesalahan fonologis, dapat digambarkan bahwa faktor penyebab tertinggi kesalahan fonologis dalam membaca teks berita yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 4 Tualang adalah karena siswa tergesa-gesa ketika berbicara dengan persentase sebesar 64,83% dan siswa tidak memahami kosa kata baku dan kata tidak baku dengan persentase sebesar 62,83%. Kata Kunci: Kesalahan Fonologis, Membaca, Teks Berita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:04
Last Modified: 29 Jun 2022 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60614

Actions (login required)

View Item View Item