TRIMAYA FEBIANI, - (2022) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA 3 BENDA DISEKITARKU SDN 014 MUARA TAKUS KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Trimaya Febiani, (2022) : Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Berseri pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Benda di Sekitarku di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik melalui model think pair share berbantuan media gambar berseri di kelas III Sekolah Dasar Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa pada pembelajaran tematik muatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 014 Muara Takus. Sedangkan objek penelitian ini adalah model think pair share dengan media gambar berseri dan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model think pair share dengan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum tindakan hanya rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa mencapai 53,4 atau masih tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa meningkat menjadi 62,4 yang berada ada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan rata-rata kemampuan menulis karangan narasi siswa menjadi 80,6 tergolong sangat baik. Artinya, proses pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas III SDN 014 Muara Takus Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Think Pair Share, Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 08:02 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 08:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60607 |
Actions (login required)
View Item |