Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 015 GUNUNG BUNGSU KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

MIFTAHUL RAHMAH, - (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 015 GUNUNG BUNGSU KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Miftahul Rahmah, (2022): Penerapan Strategi Think Talk Write dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi peserta didik melalui strategi think talk write dengan media gambar di kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis puisi siswa pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi think talk write dengan media gambar dan kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi think talk write dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum tindakan rata-rata kemampuan menulis puisi siswa hanya mencapai 54,6 atau masih tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa meningkat menjadi 63 yang berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II juga terjadi peningkatan rata-rata kemampuan menulis puisi siswa menjadi 83,8 tergolong kategori sangat baik. Artinya, pembelajaran dengan menggunakan strategi think talk write dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa SDN 015 Gunung Bungsu kecamatan XIII koto Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Think Talk Write, Media Gambar, Keterampilan Menulis puisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:30
Last Modified: 24 Jun 2022 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60606

Actions (login required)

View Item View Item