Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa di Marketplace shopee ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”.

FITRI HANDAYANI, - (2022) Pengaruh Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa di Marketplace shopee ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
Skripsi ipit Fix_removed.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Skripsi ipit Fix-67-88.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Handayani, (2022): “Pengaruh Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswa di Marketplace shopee ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode pembayaran yang disediakan oleh Marketplace shopee untuk memudahkan para konsumennya dalam berbelanja, meskipun banyaknya metode pembayaran yang disediakan oleh Marketplace Shopee akan tetapi dikalangan Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah juga merasakan kebingungan untuk berbelanja, terutama bagi kalangan mahasiswa yang tidak memiliki kartu debit/kredit, atau bagi mahasiswa yang malas untuk keluar rumah/kos untuk melakukan pembayaran, sehingga banyak mahasiswa akhirnya memutuskan tidak jadi berbelanja di shopee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan tinjauan Ekonomi Syariah mengenai metode pembayaran Cash On Delivery (COD) terhadap keputusan Pembelian pada Mahasiswa di Marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan jumlah populasi 260 dan sampel sebanyak 75 orang responden Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa observasi dan data sekunder berupa literatur, jurnal dan sumber-sumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu angket (kuisioner) dan study kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian dengan bantuan software SPSS 22. Dari hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear sederhana Y =7,062 + 0,600X di mana metode pembayaran Cash On Delivery (COD) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa di Marketplace Shopee, yaitu jika variabel independen (X) di tambah satu satuan maka akan di ikuti dengan kenaikan variabel dependen (Y) sebesar 0,600. Pembuktian lain dari hasil thitung > ttabel, yaitu 5,252 > 1,99300 dengan nilai signifikan 5% atau 0,000 >0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dan nilai koefisien determinasi R2 (R Square) adalah 0,333, artinya bahwa sumbangan pengaruh variabel X (Metode Pembayaran COD) terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian) adalah sebesar 33,3%, sedangkan sisanya sebesar 66,7% perubahan nilai variabel dependen (Keputusan Pembelian) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini. Adapun tinjauan Ekonomi Syariah terhadap metode pembayaran Cash On Delivery (COD) pada mahasiswa di Marketplace Shopee sudah sesuai dengan ajaran islam hal tersebut dapat dilihat dari adanya kemudahan dalam bertransaksi yang sesuai dengan asas-asas dalam ekonomi islam meniadakan kesulitan dan tidak memberatkan para pihak yang berakad dan adanya return (khiyar) yang membuat transaksi terpercaya dan terhindar dari penipuan. Kata Kunci : Metode Pembayaran COD, Keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:05
Last Modified: 24 Jun 2022 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60564

Actions (login required)

View Item View Item