Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HASAN PADANG SIDEMPUAN

PUTRI ANDINI NASUTION, - (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HASAN PADANG SIDEMPUAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABTRAK Putri Andini Nasution, (2022): Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hasan Padang Sidempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari metode cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan membaca intensif siswa pada muatan bahasa Indonesia di kelas V SDIT Darul Hasan Padang Sidempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca intensif siswa. Penelitian ini adalah penelitian jenis Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Darul Hasan Padang Sidempuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebagai kelas Eksperimen dan siswa kelas V B sebagai kelas k ontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan, observasi, tes dan dokumentasi. Dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition diperoleh rata-rata pencapaian keterampilan membaca intensif siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,41 lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 64,37. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai keterampilan membaca intensif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 2,232 dan nilai sebesar 1,679 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga diperoleh nilai > , maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan membaca intensif siswa di kelas V SDIT Darul Hasan Padang Sidempuan. Kata Kunci: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition, Keterampilan Membaca Intensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:42
Last Modified: 24 Jun 2022 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60557

Actions (login required)

View Item View Item