Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KABUPATEN KAMPAR

SILVIANA ROZA, - (2022) PENERAPAN METODE POSTER COMMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Silviana Roza, (2022): Penerapan Metode Poster Comment untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan metode poster comment di kelas IV sekolah dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode poster comment dan kemampuan pemahaman. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode poster comment dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan pemahaman siswa sebelum tindakan yang rata-ratanya hanya mencapai 35,83. Kemudian setelah dilakukan tindakan, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,88 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,94. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode poster comment dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan. Kata kunci : metode poster comment, kemampuan pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:57
Last Modified: 23 Jun 2022 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60556

Actions (login required)

View Item View Item