Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GADGET DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA MTS TAHFIZH CENDEKIA PEKANBARU

NURHAYATI, - (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GADGET DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA SISWA MTS TAHFIZH CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHAYATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas “Efektivitas Penggunaan Gadget Dalam Menghafal al-Qur‟an Pada Siswa MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan gadget yang memiliki fasilitas aplikasi al-qur‟an untuk menghafal al-Qur‟an pada siswa MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru. Di era berkembangnya teknologi, salah satu yang menjadi penghambat saat menghafal adalah semakin bertambahnya penggunaan gadget. Maka dari itu, penulis terdorong untuk membahasnya lebih dalam lagi karena gadget dapat menimbulkan dampak positif dan negatif ketika menggunakan aplikasi didalamnya. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Efektivitas Penggunaan Gadget dalam menghafal al-Qur‟an pada Siswa MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru. Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah berupa field research (Penelitian lapangan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif biasanya hanya mengukur tingkat suatu variabel pada populasi atau sampel. Data data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui hasil dari angket, wawancara maupun dokumentasi. Sampel ini menggunakan Purposive sampling. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa efektivitas penggunaan gadget bagi siswa-siswi MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru mempunyai dampak positif maupun negatif. Bagi penghafal Al-Qur‟an di MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru. Dampak positif bagi siswa MTs Tahfizh Cendekia Pekanbaru yaitu siswa lebih mudah untuk muroja‟ah hafalan, lebih mudah dan praktis dalam menghafal, lebih mudah untuk diulang-ulang atau mendengar bacaan murottal, siswa terbantu untuk mendapatkan informasi mengenai Al-Qur‟an. Sedangkan dampak negatifnya ialah, sering lupa waktu, terkadang sering menonton hal-hal yang siasia membuat kurang fokus dengan hafalan. Kata kunci : penggunaan, gadget dan menghafal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:01
Last Modified: 20 Jun 2022 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60522

Actions (login required)

View Item View Item