Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPRITUAL DALAM KITAB TANWIR AL QULUB MUAMALATI ALLAMI AL GHUYUB KARYA SYEKH MUHAMMAD AMIN AL KURDI (w.1332 H / 1914 M)

MUNAWAR KHOLIL, MK (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPRITUAL DALAM KITAB TANWIR AL QULUB MUAMALATI ALLAMI AL GHUYUB KARYA SYEKH MUHAMMAD AMIN AL KURDI (w.1332 H / 1914 M). Disertasi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
BABA IV kholil.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Disertasi Tanpa BAB V kholil.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pengembangan pendidikan yang mengedepankan fitrah dasar manusia sesungguhnya merupakan kebutuhan pendidikan saat ini. Terutama bila dikaitkan dengan terjadinya berbagai krisis dimana-mana, terutama krisis moral dan spiritual. Krisis tersebut ditandai dengan semakin banyaknya orang mengalami kecemasan, kegelisahan dan kehampaan eksistensial. Dalam menyikapi krisis spiritual tersebut, sebagian pakar melihat kembali nilai-nilai agama. Nilai-nilai agama yang diyakini mampu mengatasi krisis tersebut adalah nilai-nilai yang berdimensi spiritual. Dalam Islam, nilai spiritual itu tidak lain adalah tasawuf dan tarekat.Syekh Muhammad Amin al Kurdi melalui karyanya Tanwi>r al qulu>b fi> mu’a>malati ‘allami al ghuyu>b, mencoba memberikan solusi dari problem pendidikan secara umum, bahwa pokok dari perbaikan akhlak adalah kembali kepada nilai-nilai spiritual tasawuf dan tarekat yang sesuai dengan al-Quran dan as-Sunnah.Sebab, diakui bahwa kesalahan terbesar metode pendidikan akhlak sebagaimana dapat dilihat fenomenanya akhir-akhir ini tak lain disebabkan karena pendidikan akhlak maupun moral hanya sebatas diajarkan (transfer of knowledge), padahal seharusnya pendidikan akhlak itu ditanamkan (transfer of velue).Lewat karyanya tersebut Amin al Kurdi menawarkan sebuah metode penanaman nilainilai spiritual tersebut dengan takhalli dan tahalli melalui bimbingan seorang guru yang dipercaya mampu dan memiliki kompetensi sebagai seorang pendidik spiritual dalam ajaran tasawuf dan tarekat dengan menggunakan metode yang disebutnya khalwat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:20
Last Modified: 20 Jun 2022 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60518

Actions (login required)

View Item View Item