Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PASAL 1 ANGKA 9 PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN RI NO.10 TAHUN 2012 TENTANG PENGATURAN JALAN PADA PENYELENGGARAAN PESTA PERNIKAHAN (Studi Kasus Kelurahan Sialangrampai, Pekanbaru)

INDAH HUSNUL KHOFIFAH, - (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PASAL 1 ANGKA 9 PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN RI NO.10 TAHUN 2012 TENTANG PENGATURAN JALAN PADA PENYELENGGARAAN PESTA PERNIKAHAN (Studi Kasus Kelurahan Sialangrampai, Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indah Husnul Khofifah (2022): Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pasal 1Angka 9 Peraturan Kepala Kepolisian RI No.10 Tahun 2012 Tentang Pengaturan Jalan Pada Penyelenggaraan Pesta Pernikahan Jenis penelitian Saat ini fenomena penggunaan jalanan umum sebagai ruang berkegiatan di antaranya penyelenggaraan pesta pernikahan. Hal ini tidak dibenarkan melakukan suatu perbuatan yang dapat mengganggu fungsi jalan. Dan penggunaan jalan pada pesta pernikahan ini termasuk penggunaan jalanan umum yang bersifat pribadi. Kajian ini difokuskan pada PERKAPOLRI No 10 Tahun 2012 yang mengatur tentang pengaturan lalu lintas dalam keadaan tertentu dan penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas. yang digunakan adalah penelitian sosiologis hukum islam yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Kelurahan Sialangrampai dengan menggunakan sumber data bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis penelitian kualitatif. Pada penelitian ini populasi 1.748 KK di Kelurahan Sialangrampai dan sampel yakni 2 orang polisi lalu lintas, seorang tokoh masyarakat, dan 40 orang pasangan yang pernah melangsungkan pesta pernikahan di rumah. Dapat disimpulkan bahwa pesta pernikahan termasuk sebagai penggunaan jalanan umum yang bersifat pribadi. Penggunaan jalanan umum yang bersifat pribadi ini diperbolehkan namun dengan beberapa syarat dan ketentuan serta telah mendapatkan izin dari dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kata kunci: Pesta Pernikahan, Jalanan Umum, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:00
Last Modified: 20 Jun 2022 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60511

Actions (login required)

View Item View Item