Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SOSIALISASI PEMERINTAH NAGARI KAMANG TERHADAP DOKUMEN RENCANA KERJA PEMERINTAH NAGARI DALAM PELAKSANAAN BIDANG PEMBANGUNAN NAGARI TAHUN 2020 DALAM BENTUK SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 114 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PEMBANGUNAN DESA

ROMA IXKWANDI, - (2022) SOSIALISASI PEMERINTAH NAGARI KAMANG TERHADAP DOKUMEN RENCANA KERJA PEMERINTAH NAGARI DALAM PELAKSANAAN BIDANG PEMBANGUNAN NAGARI TAHUN 2020 DALAM BENTUK SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 114 TAHUN 2014 TENTANG PEDOMAN PEMBANGUNAN DESA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka melaksanakan kegiatan pembangunan, Pemerintah Desa berkewajiban mengiformasikan Rencana Kerja Pemerintah Desa kepada masyarakat melalui sosialisasi kegiatan diantaranya melalui sistem informasi Desa berbasis website. Sistem informasi desa merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas perangkat lunak, dikelola oleh pemerintah desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa. Sosialisasi Pemerintah Nagari Kamang terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Nagari dalam pelaksanaan bidang pembangunan Nagari Tahun 2020 dalam bentuk sistem informasi berbasis website berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa belum terlaksana, bahwa belum ada dilakukan sosialisasi terkait dengan Rencana Kerja Pemerintah Nagari melalui sistem informasi desa berbasis website tersebut. Padahal masyarakat berhak mengetahui terhadap Rencana Kerja Pemerintah Nagari sebagai salah satu bentuk keterbukaan informasi publik terhadap Rencana Kerja Pemerintah Nagari selama satu Tahun anggaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sosialisasi pemerintah Nagari Kamang terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Nagari dalam pelaksanaan bidang pembangunan Nagari Tahun 2020 dalam bentuk Sistem Informasi Berbasis Website, serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan sosialisasi Pemerintah Nagari Kamang terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Nagari dalam pelaksanaan bidang pembangunan Nagari Tahun 2020 dalam bentuk Sistem Informasi Berbasis Website Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Pelaksanaan sosialisasi Pemerintah Nagari Kamang terhadap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Nagari dalam pelaksanaan bidang pembangunan Nagari Tahun 2020 dalam bentuk sistem informasi berbasis website belum terlaksana. Adapaun faktor penghambatnya adalah; (i) kurangnya ketanggapan Pemerintah Desa; (ii) masyarakat Desa yang masih awam teknologi; dan (iii) kondisi desa yang belum memdai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:57
Last Modified: 20 Jun 2022 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60510

Actions (login required)

View Item View Item