Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OVERRUN, KEKENTALAN, pH, DAN KECEPATAN LELEH ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.)

SITI RONDA SARI HASIBUAN, - (2022) OVERRUN, KEKENTALAN, pH, DAN KECEPATAN LELEH ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

OVERRUN, KEKENTALAN, pH, DAN KECEPATAN LELEH ES KRIM SUSU SAPI DENGAN PENAMBAHAN KELOPAK BUNGA ROSELLA (Hibiscus sabdariffa L.) Siti Ronda Sari Hasibuan (11880120210 ) Di bawah bimbingan Eniza Saleh dan Jepri Juliantoni INTISARI Bunga rosella memiliki kandungan gizi dan senyawa antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan pada bunga rosella mencapai 95% mg dan Vitamin C mencapai 280 mg setiap 100 g. Kelopak bunga rosela mengandung berbagai jenis asam termasuk asam askorbat (vitamin C), sehingga makin besar jumlah rosella yang ditambahkan akan meningkatkan kandungan vitamin C dan menurunkan nilai pH, karena bunga rosella memiliki pH sebesar 2,238. Penggunaan kelopak bunga rosella dalam pembuatan es krim merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas fisik seperti overrun, kekentalan, pH dan kecepatan leleh serta menambah nilai gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan kelopak bunga rosella dan bahan penstabil agar-agar terhadap overrun, kecepatan leleh, kekentalan, dan pH es krim yang dihasilkan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2021 di Laboratorium Pasca Panen Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah kelopak bunga rosella, susu skim, susu sapi murni, kuning telur, gula pasir, dan agar-agar. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan metode penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK). Karakteristik fisik yang diamati terdiri atas overrun, kekentalan, pH dan daya leleh. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah kadar penggunaan kelopak bunga rosella 0% (P0), 10% (P1), 20% (P2), 30% (P3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan ekstrak kelopak bunga rosella dengan konsentrasi sampai 30% mampu meningkatkan kekentalan dan kecepatan leleh, tetapi menurunkan nilai pH dan overrun. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan kelopak bunga rosella sampai level 30% dapat meningkatan kualitas fisik meliputi kekentalan dan daya leleh tetapi menurunkan nilai pH dan overrun. Pada penelitian ini penambahan terbaik dilihat dari keriteria pada pembuatan es krim yang diberi kelopak bunga rosella adalah pada perlakuan P3 yaitu penambahan kelopak bungga rosella 30% . Kata kunci: Es krim, susu sapi, ekstrak kelopak bunga rosella, karakteristik fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:15
Last Modified: 17 Jun 2022 09:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60502

Actions (login required)

View Item View Item