Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN HARGA PRODUK PADA MINIMARKET 212 MART KELURAHAN TUAH KARYA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

SARTONO, - (2022) ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN HARGA PRODUK PADA MINIMARKET 212 MART KELURAHAN TUAH KARYA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img]
Preview
Text
SKRISPI SARTONO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sartono (2022): Analisis Strategi Persaingan Harga Produk Pada Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah terkait dengan proses strategi persaingan dalam hal penetapan harga melihat adanya perbedaan harga yang terjadi antara Minimarket 212 Mart dengan Minimarket Indomaret, Planet Swalayan dan Pesona Swalayan. Padahal Minimarket Indomaret, Planet Swalayan dan Pesona Swalayan adalah pesaing utama dari Minimarket 212 Mart. Perbedaan harga yang terjadi relatif tinggi, sama bahkan lebih rendah dari Minimarket atau Swalayan yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Jl. HR Soebrantas, No. 14 A, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau. Tujuan dalam penelitian ini: untuk mengetahui Analisis strategi persaingan dalam hal penetapan harga yang dilakukan Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya untuk meningkatkan penjualan dan untuk mengetahui tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi persaingan yang dilakukan pihak mini market 212 Mart. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk penentuan sampel dalam penelitian ini, penulis mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel yaitu berjumlah 4 orang yang terdiri dari pimpinan minimarket 212 mart Kelurahan Tuah Karya dengan menggunakan teknik total sampling. Setelah penelitian ini dilakukan dapat diketahui bahwa dalam persaingan dalam hal menetapkan harga Minimarket 212 Mart lebih mengutamakan untuk melihat kondisi keadaan pelanggan, keadaan ekonomi masyarakat dan melihat keadaan daya beli masyarakat, sehingga menimbulkan adanya perbedaan harga dengan Minimarket atau Swalayan yang lain. Perbedaan harga ini dikarenakan pihak Minimarket 212 Mart tidak menggunakan metode competitive pricing yaitu suatu metode yang digunakan untuk mengetahui harga pesaing, harga di bawah, sama atau di atas harga pesaing. Adapun tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi persaingan dalam hal penetapan harga Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Syariah, karena pihak Minimarket 212 Mart sangat mengutamakan kemaslahatan ummat, dengan cara menetapkan harga dengan melihat kondisi keadaan pelanggan, keadaan ekonomi masyarakat dan keadaan daya beli masyarakat. Katakunci : Strategi, Persaingan Harga Produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:51
Last Modified: 17 Jun 2022 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60495

Actions (login required)

View Item View Item