Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU

FITRAH ALAWIYAH NASUTION, - (2022) UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRAH ALAWIYAH NASUTION.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitrah Alawiyah Nasution, (2022): Upaya Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru Penelitian ini betujuan untuk mengetahui upaya Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini Kepala Madrasah, WAKA Kurikulum dan tiga orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Kepala Madarsah sebagai supervisor di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru dalam meningkatkan profesionalisme guru sudah berjalan baik. Kepala Madrasah melakukan upaya berupa program-program yang mendukung terwujudnya profesionalisme guru seperti Kepala Madrasah dapat mengkoordinasikan program belajar mengajar, dapat memberi bantuan bersama mengkonsultasikan masalah yang dialami guru baik secara individual maupun secara kelompok. Kepala Madrasah dapat memimpin sejumlah staf guru dalam mengembangkan potensi kelompok, pada saat mengembangkan kurikulum, materi pelajaran dan kebutuhan profesional guru-guru secara bersama. Adapun faktor pendukung upaya Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru yaitu peneliti menemukan faktor pendukung, seperti dukungan dari Kepala Madrasah, tingkat pendidikan guru, kepribadian, dedikasi, kemampuan mengajar dan kedisiplinan. Kemudian faktor penghambatnya yaitu faktor internal yang berasal dari diri sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat. Kepala Madrasah diharapkan agar selalu melakukan evaluasi berkelanjutan untuk dapat meningkatkan profesionalisme guru di madrasah. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:44
Last Modified: 17 Jun 2022 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60490

Actions (login required)

View Item View Item