H. ARIFIN, S.Ag.,MA, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEKNOLOGI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DISERTASI H. ARIFIN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : H. ARIFIN, S.Ag.,MA NIM : 31890415311 Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Indragiri Hilir. Pembelajaran dan atau pendidikan Agama Islam di sekolah adalah untuk pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta akhlak mulia, penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat, penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui pendidikan Islam. Akan tetapi, Penyelenggaraan pendidikan agama Islam di sekolah penuh tantangan, karena secara formal penyelenggaraan pendidikan Islam di sekolah hanya 2 jam pelajaran per minggu bahkan hendak dihapuskan. Jadi apa yang bisa mereka peroleh dalam pendidikan yang hanya 2 jam pelajaran. Jika sebatas hanya memberikan pengajaran agama Islam yang lebih menekankan aspek kognitif, mungkin guru bisa melakukannya, tetapi kalau memberikan pendidikan yang meliputi tidak hanya kognitif tetapi juga sikap dan keterampilan, guru akan mengalami kesulitan. Oleh karenanya diperlukan inovasi pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat teknologi, sehingga materi yang begitu banyak dan sulit dapat dipercepat dan mudah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif reserch and development dengan pendekatan EDDIE yaitu yang merupakan perpanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Lokasi dalam penelitian yaitu SMA di Kabupaten Indragiri Hilir. Sementara Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga teknik, yaitu studi dokumentasi, Observasi dan Wawancara. Pengembangan melalui lima tahap yaitu: Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Adapun hasil dari penelitian ini yaitui pertama, Pengembangan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum (SMA Negeri 1 Tembilahan, SMA Negeri 2 Tembilahan dan SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu). Dalam hal ini, ada beberapa kesimpulan, antara lain; (a)Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 1 Tembilahan, SMA Negeri 2 Tembilahan dan SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu merupakan tuntutan kurikulum K13 dan kondisi yang ada, terkait dengan pandemi covid 19, yang menuntut siswa hanya belajar dari rumah. (b) Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berupa hardware telah biasa digunakan pada ketiga sekolah tersebut sebelum ada keharusan belajar di rumah akibat pandemi covid 19. Namun setelah keluar kebijakan sekolah di rumah, sebagian hardware tidak dapat digunakan seperti OHP atau Infocus, dan Laboratorium Komputer. (c) Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berupa software masih jarang digunakan ketiga sekolah tersebut. (d) WhatsApp dijadikan sebagai software yang biasa digunakan untuk memberikan tugas dan mengirim lembaran
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 00:36 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 00:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60475 |
Actions (login required)
View Item |