RISA APRIYANI, - (2022) ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PELEMAHAN KPK DI MEDIA DARING TEMPO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (bab iv)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
Abstract
RISA APRIYANI (2022) : ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PELEMAHAN KPK DI MEDIA DARING TEMPO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur teks pada berita pelemahan KPK di media daring Tempo.co. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana struktur super dan struktur mikro pada berita pelemahan KPK yang dimuat di media daring Tempo.co dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Tujuannya untuk memperoleh struktur tekstual yang memuat ideologi tertentu dari media massa, dan bentuk relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis wacana kritis berdasarkan model Teun A. van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media daring Tempo.co dalam memberitakan kasus pelemahan KPK menonjolkan aktor utama yang terlibat dalam kasus pelemahan KPK yaitu Firli Bahuri. Hal ini terepresentasi dalam struktur super yakni judul, lead, dan komentar, dan struktur mikro yakni latar, detil, maksud, praanggapan, bentuk kalimat, koherensi, kata ganti, leksikon, grafis, dan metafora dari berita pelemahan KPK. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai salah satu bahan masukan sebagai referensi materi ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas IX semester ganjil. Kompetensi Dasar dalam pembelajaran ini terdapat pada kurikulum 2013 revisi 2018 KD 3.8 yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau dibaca, serta KD 4.8 yaitu mengungkapkan kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan secara lisan dan/atau tulisan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang bervariasi dan dapat merangsang kepekaan peserta didik terhadap isu-isu sosial yang terjadi disekitarnya. Kata Kunci: Wacana Kritis, Berita Pelemahan KPK, Tempo.co, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:54 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60467 |
Actions (login required)
View Item |