Afandi (2014) PELAKSANAAN KODE ETIK GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan pada setiap guru agar bisa melaksanakan kode etik itu dengan baik. Guru sebagai pelaksana untuk mendidik memiliki peranan yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan serta dalam menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan. Moral atau tata cara yang tercermin melalui tingkah laku yang tertera dari guru tersebut memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada mereka (guru). Hal ini sangat penting dalam menentukan sukses tidaknya pelaksanaan proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana Pelaksanaan kode etik guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru? b) Apa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kode etik guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru? Sampel penelitian adalah seluruh guru bidang study yang berjumlah 72 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui angket dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil: 1) Pelaksanaan kode etik guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru sudah berjalan dengan baik, setiap guru sudah melakukan kewajiban sebagai seorang guru seperti, datang tepat waktu, melaksanakan kewajiban yang diembankan kepadanya seperti berpakaian rapi sesuai dengan profesinya. 2) Faktor- factor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan kode etik guru itu sendiri antara lain sebagian besar guru yang mengajar tidak sesuai dengan keahliannya, dan tidak adil dalam pemberian nilai serta tidak mempunyai keahlian dalam mengajar. Di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru sudah baik menjalankannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Jul 2016 06:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2016 06:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6046 |
Actions (login required)
View Item |