Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI FUNDRAISING AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) LABUHANBATU DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN DANA ZAKAT, INFAQ SEDEKAH DAN WAKAF

YUNITA HEMALIA, - (2022) STRATEGI FUNDRAISING AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) LABUHANBATU DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN DANA ZAKAT, INFAQ SEDEKAH DAN WAKAF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena ACT Labuhanbatu mampu meningkatkan perolehan dana zakat, infaq sedekah dan wakaf dalam waktu 1 tahun pada era pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Adapun Informan yang diambil berasal dari 7 pengurus kelembagaan dan 3 lainnya dari donatur tetap ACT Labuhanbatu. Sumber data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta literatur pendukung yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian strategi fundraising ACT Labuhanbatu dalam meningkatkan perolehan dana zakat, infaq sedekah dan wakaf adalah melakukan Identifikasi donatur diawali dengan memperoleh database donatur, melakukan input untuk seleksi data donatur, memprospek donatur dan menganalisis kebutuhan donatur. Selanjutnya ACT menggunakan metode direct fundraising berupa manuver yaitu melakukan telepon, sapa whatsapp, visit, aksi lapangan, presentasi program, dan email, mempunyai jaringan kerelawanan dalam wadah MRI, dan influencer RFI. Selanjutnya pada metode indirect fundraising ACT Labuhanbatu melakukan pemanfaatan kanal digital, seperti crowdfunding, E-Commerce, media sosial, media patner, webinar online, melakukan siaran di radio, serta branding lembaga dengan pengadaan event, sosialisasi program, dan implementasi program. ACT melakukan pengelolaan dan maintanance donatur pelayanan zakat careline dan program, report program, melibatkan partisipasi donatur dalam implementasi program, melakukan silahturahmi, serta giving thanks. Pada tahap strategi monitoring dan evaluasi ACT melihat faktor pendukung dan faktor penghambat dari lembaga, sehingga ACT dapat meningkatkan perolehan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf pada tahun 2021. Kata Kunci : Strategi fundraising, Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:07
Last Modified: 15 Jun 2022 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60441

Actions (login required)

View Item View Item