Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MUTU KIMIA ES KRIM SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss)

AHMAD TAUFANI, - (2022) ANALISIS MUTU KIMIA ES KRIM SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS MUTU KIMIA ES KRIM SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN BAYAM MERAH (Alternanthera amoena Voss) Ahmad Taufani (11780113717) Di bawah bimbingan Eniza Saleh dan Elviriadi INTISARI Susu kambing memiliki jumlah butiran lemak yang berdiameter kecil dan homogen lebih banyak dibandingkan susu sapi namun susu kambing masih jarang diminati oleh masyarakat. Es krim kaya akan nutrisi dan mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Bayam merah memiliki pigmen antosianin sehingga memiliki potensi sebagai pewarna alami dalam makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu kimia es krim susu kambing peranakan etawa dengan penambahan ekstrak daun bayam merah. Penelitian dilakukan secara eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan taraf pemberian ekstrak daun bayam merah dengan konsentrasi 0%, 2,5%, dan 5%. Peubah yang diamati meliputi kadar lemak, kadar sukrosa, vitamin A, kadar zat besi dan total padatan. Hasil penelitian ini menunjukkan kadar lemak es krim dengan penambahan ekstrak daun bayam merah memberikan pengaruh sangat nyata (P>0,01), kadar sukrosa memberikan pengaruh tidak nyata (P<0,05), kadar vitamin A memberikan hasil tidak berpengaruh nyata (P<0,05), kadar zat besi memberikan hasil tidak berpengaruh nyata (P<0,05), kemudian total padatan memberikan pengaruh nyata (P>0,05). Kesimpulkan penelitian ini adalah penambahan ekstrak daun bayam merah sampai level 5% dalam pembuatan es krim susu kambing PE mampu meningkatkan mutu kimia es krim dari segi kadar lemak dan total padatan es krim. Namun tidak meningkatkan kadar sukrosa, kadar vitamin A dan zat besi es krim yang dihasilkan. Formulasi terbaik terdapat pada perlakuan penambahan ekstrak daun bayam merah 5% karena menghasilkan kadar lemak yang lebih rendah yaitu 5,07%, total padatan 38,33%. Kata kunci : Susu kambing, es krim, bayam merah, kadar lemak, kadar gula sukrosa, vitamin A, zat besi (Fe), total padatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:52
Last Modified: 14 Jun 2022 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60419

Actions (login required)

View Item View Item