Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MEMPERTAHANKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA TANPA ANAK DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus : Kenagarian Baruah Gunuang, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat)

LAILATUR RAHMI, - (2022) UPAYA MEMPERTAHANKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA TANPA ANAK DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus : Kenagarian Baruah Gunuang, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LAILATUR RAHMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lailatur Rahmi (2022): Upaya Mempertahankan Keharmonisan Rumah Tangga Tanpa Anak Di Tinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus : Kenagarian Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat) Di suatu daerah di Minangkabau semakin tempat terpencil tempat tersebut, masyarakatnya semakin diikat oleh adat istiadat. Kondisi psikososial inilah yang menjadi penguat rumah tangga yaitu anak, terutama anak perempuan yang dianggap sebagai penerus garis keturunan. Namun pasangan suami istri yang tidak memiliki anak di Kenagarian Baruah Gunuang masih bisa mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut ,dirumusan masalah tentang: 1.Bagaimana upaya suami istri dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangga tanpa anak di Nagari Baruah Gunuang,2.Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan suami istri dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangga tanpa anak,3.Tinjauan hukum Islam terhadap upaya suami istri dalam mempertahankan rumah tangga tanpa anak. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Nagari Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 6 pasang suami istri. Jumlah sampel yang diambil adalah 6 pasang suami istri dengan menggunakan teknik total sampling. Mengumpulkan data dengan beberapa teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan pasangan suami istri dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangga adalah menjaga komunikasi dengan baik, memahami keadaan masing-masing,memegang komitmen yang telah disepakati, adanya kedekatan emosi diantara keduanya dan dalam penyelesaian masalah dengan kepala dingin. Faktor-faktor yang menyebabkan pasangan suami istri mempertahankan rumah tangga tanpa anak yaitu agama dan cinta, tinjauan hukum Islam terhadap upaya yang dilakukan pasangan suami istri tanpa anak dalam mempertahankan rumah tangga tanpa anak, boleh untuk memfasaksh pasangan karena cacatnya tujuan nikah dan hak suami istri dalam pernikahan yaitu memiliki anak, boleh melakukan poligami dengan tujuan mendapatkan keturunan, di dalam KHI Pasal 116 huruf e juga sudah dijelaskan dan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Kata Kunci: Upaya, Keluarga Sakinah, Tanpa Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:33
Last Modified: 14 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60415

Actions (login required)

View Item View Item