PENERAPAN FUZZY MULTIDIMENSIONAL ASSOCIATION RULE UNTUK MENGANALISA KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT PLUS KEPADA CALON PELANGGAN ( Studi Kasus : PT. ”X ” Cabang Bangkinang )

Erni Rouza, (2011) PENERAPAN FUZZY MULTIDIMENSIONAL ASSOCIATION RULE UNTUK MENGANALISA KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT PLUS KEPADA CALON PELANGGAN ( Studi Kasus : PT. ”X ” Cabang Bangkinang ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201118.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. “X ” cabang Bangkinang dalam menganalisa kelayakan pemberian kredit kepada calon pelanggannya, masih menggunakan cara yang manual dengan pertimbangan hasil survei dan jumlah gaji calon pelanggan. Dengan banyaknya calon pelanggan yang mengajukan kredit tersebut, pihak PT. “X ” cabang Bangkinang mengalami kesulitan dalam proses pengambilan keputusan yang tepat dan cepat, untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi yang secara bersamaan dapat digunakan untuk memproses data, menganalisa kelayakan serta mengirim rekomendasi kredit calon pelanggan dengan cepat, efisien, dan akurat. Pada tugas akhir ini, Fuzzy Association Rule adalah metode yang diimplementasikan untuk rekomendasi layak atau tidaknya calon pelanggan diberi kredit dengan menggunakan beberapa kriteria yaitu, usia, pekerjaan, jumlah gaji, karakter, tingkat keamanan gaji dan mempunyai rumah atau tidak, keputusan layak direkomendasikan berdasarkan aturan-aturan atau knowledge yang dihasilkan dari penghitungan nilai support, dan nilai confidence dari tiap pattern yang terlebih dahulu dikelompokkan dalam suatu interval tertentu yang disebut dengan fuzzy set. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode fuzzy association rule dapat memberikan hasil berupa aturan-aturan atau knowledge untuk membantu pihak Credit Analist (CA) dalam mengambil keputusan calon pelanggan yang layak diberi persetujuan kredit, namun sistem ini belum memiliki menu dinamis yang dapat menambah atau mengurangi kriteria-kriteria pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan rekomendasi. Kata kunci : Data Mining, Fuzzy Association Rule, Fuzzy set, Multidimensional Association Rule

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:54
Last Modified: 11 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item