Syahrawandi, - (2022) ANALISIS ORIENTASI PEMASARAN TRAVEL HAJI DAN UMROH PT ARRAYAN AL MUBARAK DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARRIF KASIM RIAU.
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Syahrawandi Prodi : Manajemen Dakwah Judul : Analisis Orientasi Pemasaran Travel Haji dan Umroh PT. Arrayan Al Mubarak Di Pekanbaru Haji dan umrah merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi muslim yang telah mampu. Penyelenggaran Haji dan Umrah di Indonesia dilakukan oleh biro layanan travel atau perjalanan yang diawasi oleh Kementerian Agama. Dengan menyebarnya virus corona di Indonesia dan Negara-negara lainnya, Pemerintah Arab Saudi mengambil keputusan untuk tidak menerima jama‘ah yang akan melaksanakan Haji dan Umrah. Sehingga sangat berdampak kepada operasional Biro perjalanan Haji dan Umrah termasuk PT Arrayan Al Mubarak. Oleh karena itu, dalam rangka mempertahankan pelanggan dan mencapai target pihak perusahaan harus terus berfokus pada orientasi pemasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis orientasi pemasaran travel Haji dan Umroh PT Arrayyan Al Mubarak di Pekanbaru. Dalam mengukur orientasi pemasaran menggunakan tiga dimensi yaitu, orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi interfungsional. Penelitian ini dilakukan di Al Mubarak di Pekanbaru yang berlokasi di Travel Center Mandiri pekanbaru, dengan sampel sebanyak 94 orang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu pendekatan yang menggambarkan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta dari suatu peristiwa serta sifat-sifat tertentu atau mencoba menggambarkan fenomena secara detail melalui penebaran angket dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa orientasi pasar di PT Arroyan Al Mubarak berada pada kategori baik dengan nilai interval skor 80-89 sebanyak 35 dari 94 orang (37,23%). Berdasarkan indikator orientasi pasar diketahui bahwa orientasi pelanggan berada pada kategori sangat baik (32,98%), sedangkan orientasi pesaing berada pada kategori baik (34,04%), dan orientasi koordinasi intrafungsional berada pada kategori baik (39,36%). Kata Kunci : Orientasi Pemasaran, Travel Haji dan Umroh
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:27 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 03:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60398 |
Actions (login required)
View Item |