SELVIANA IDRIS, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLOGI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RETEH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (14MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Selviana Idris, (2022) : Pengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Hasil Belajar pada Materi Hidrologi Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Reteh Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurang menariknya proses pembelajaran di kelas terutama pada mata pelajaran geografi, belum adanya media poster, khususnya pada materi hidrologi dan kurangnya hasil belajar siswa pada materi hidrologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar pada materi hidrologi di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Reteh. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 95 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa yang mana kelas X IIS¹ berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS² berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T-Test dan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alpah yaitu 0,05 yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh media poster terhadap hasil belajar pada materi hidrologi, dilihat dari nilai rata-rata pretest kelas ekperimen sebesar 48,59 menjadi 80,93. Pada nilai posttest kelas eksperimen, menunjukan kenaikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 66.55%. Kata Kunci: Poster, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:57 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60377 |
Actions (login required)
View Item |