Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK PADA INDUSTRI KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE SCOR (Studi Kasus: PT. Gersindo Minang Plantation (GMP) Kabupaten Pasaman Barat)

RORO HAMULIAN PUTRI, - (2022) PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK PADA INDUSTRI KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE SCOR (Studi Kasus: PT. Gersindo Minang Plantation (GMP) Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB HASIL)
HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)
[img]
Preview
Text
TA. RORO HAMULIAN PUTRI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin meningkat dalam segala bidang menuntut perusahaan untuk mendapatkan taktis ataupun strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan pada PT. Gersindo Minang Plantation yang ditemukan beberapa kendala yaitu bahan baku yang didapat dari berbagai sumber pemasok tidak sepenuhnya baik seperti buah kelapa sawit yang masih kurang matang tidak akan diproses untuk diproduksi sehingga hasil produksi dari perusahaan menurun. Untuk mendapatkan solusi maka tujuan untuk mengetahui kinerja rantai pasok pengadaan buah kelapa sawit yang berkualits pada PT Gersindo Minang Plantation. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode Supply Chain Operations References (SCOR) dengan fase identifikasi matriks SCOR, verifikasi key performance indicator (KPI) dengan penyebaran kuesioner indikator, perhitungan nilai ternormalisasi (skor), pembobotan KPI dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan menyebarkan kuesioner perbandingan. Pada pengolahan data yang dilakukan nilai akhir kinerja yang didapatkan sebesar 69.754 kategori average. Penyebab nilai kinerja dalam perusahaan masih kurang baik disebabkan oleh waktu mengidentifikasi karyawan masih kurang dari perusahan sehingga pemilihan kematangan tandan buah segar kelapa sawit masih bermasalah. Penanganan yang tepat dalam permasalahan ini pimbinan akan berkomunikasi dengan baik dengan karyawan dan pemasok mengenai pengadaan bahan baku buah kelapa sawit tentang kriteria bahan bahan baku yang sesuai dengan kriteria panen, melakukan peningkatan sistem dan melatih tim agar dapat mengoptimalkan pengumpulan bahan baku khususnya dari luar kebun perusahaan. Kata kunci: KPI, Normalisasi, AHP, SCOR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:59
Last Modified: 13 Jun 2022 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60376

Actions (login required)

View Item View Item