Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FENOMENA PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KALANGAN MAHASISWA PEKANBARU

Sandra Aprilia, Sandra (2022) FENOMENA PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KALANGAN MAHASISWA PEKANBARU. Skripsi thesis, Univeristas Islam Negeri Sutltan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Dunia telah membawa perubahan besar pada dunia pendidikan. Dimana dulunya proses pembelajaran dilakukan secara offline (tatap muka), menjadi daring (dalam jaringan). Tentunya hal ini mengharuskan pelajar memanfaatkan berbagai platform media pembelajaran. Salah satunya memanfaatkan media sosial TikTok. Aplikasi TikTok merupakan gelombang baru media sosial dimana kehadiran TikTok telah membawa revolusi baru pada media sosial. Untuk saat ini platform video pendek telah menjadi salah satu media sosial yang sedang populer bagi kalangan anak muda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana motif, makna dan pengalaman komunikasi pengguna TikTok yang melakukan komunikasi pembelajaran alternatif pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh kalangan mahasiswa Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan TikTok dikalangan mahasiswa Pekanbaru yang melakukan komunikasi pembelajaran alternatif pada masa pandemi Covid-19 meliputi, penjelasan informasi/pemebelajaran yang simple, menjadikan media sosial TikTok sebagai sumber informasi tambahan mengenai pembelajaran yang dibutuhkan, dan menjadikan media sosial TikTok sebagai sumber pembelajaran yang tidak membosankan. Sedangkan makna penggunaan TikTok di kalangan mahasiswa Pekanabaru yakni, sebagai pembelajaran alternatif dan pembelajaran yang menghibur. Pengalaman komunikasi yang menyenangkan terdiri dari menambah insinght pengetahuan dan meningkatkan memotivasi belajar. Sedangkan untuk pengalaman komunikasi yang tidak menyenangkan, tidak didapatkan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Komunikasi Pembelajaran, Mahasiswa, Pandemi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:52
Last Modified: 10 Jun 2022 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60358

Actions (login required)

View Item View Item