Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA PEMBERDAYAAN REMAJA BERBASIS LIFE SKILL MELALUI USAHA “MATA KAYU” DI KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Rika Agustini, - (2022) UPAYA PEMBERDAYAAN REMAJA BERBASIS LIFE SKILL MELALUI USAHA “MATA KAYU” DI KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Rika Agustini NIM : 11840120643 Judul : Upaya Pemberdayaaan Remaja Berbasis Life Skill Melalui Usaha “Mata Kayu” Di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Usaha “Mata Kayu” adalah usaha yang tidak hanya bergerak pada bidang ekonomi, tetapi juga memberdayakan remaja berbasis life skill. Dilihat dari survei awal yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa bagaimana remaja yang sedikit banyaknya memiliki waktu luang tetapi salah dalam menggunakannya karena hanya digunakan untuk nongrong bersama teman-temannya, selaras dengan hal ini usaha “Mata Kayu” yang ternyata tidak hanya berfokus pada bisnis saja tetapi telah ikut berpartisipasi dengan melakukan kegiatan life skill di usahanya. Dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya dalam tahapan pemberdayaan remaja berbasis life skill melalui usaha “Mata Kayu” di Kelurahan Simpang Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pemberdayaan remaja berbasis life skill melalui usaha “Mata Kayu” di Kelurahan Simpang Baru. Teori yang digunakan yaitu teori pemberdayaan dari M. Ayub. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan informan berjumlah ll orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya dalam tahapan pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan menggunakan tiga tahapan pemberdayaan, yaitu tahap penyadaran, tahap pengkapasitas, dan tahap pendaya. Kemudian dari hasil ini ternyata terdapat l0 remaja yang sudah membangun usaha sendiri didaerahnya. Namun dari apa yang telah dicapai tentu tidak terlepas dari kekurangan yang dimiliki oleh usaha “Mata Kayu” ini terlihat dari tahap pengkapasitas, dimana beberapa remaja yang akhirnya memutuskan untuk keluar atau tidak lagi ikut dalam kegiatan pemberdayaan. Kata Kunci : Upaya, Usaha “Mata Kayu”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:36
Last Modified: 09 Jun 2022 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60356

Actions (login required)

View Item View Item