Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA BAHRUL ULUM KABUPATEN SIAK

TINA WAHYUNI, - (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA BAHRUL ULUM KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Tina Wahyuni, (2021): Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Swasta Bahrul Ulum Kabupaten Siak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Swasta Bahrul Ulum Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimen. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penggunaan metode Mind Mapping terhadap pemahaman belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah se1uruh siswa yang belajar ekonomi di Madrasah Aliyah Swasta Bahrul Ulum, sebanyak 113 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 40 siswa, kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan pertimbangan jika kelas X masih dianggap siswa baru sedangkan kelas XI sudah akan fokus untuk persiapan ujian Akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil pemahaman belajar antara siswa yang menggunakan metode Mind Mapping dengan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini terbukti dari uji t-test yaitu thitung > ttabel baik pada taraf signifikasi 5% (2,208 > 2,024) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji effect size menunjukkan besaran pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Swasta Bahrul Ulum adalah sebesar 0,716 yang tergolong sedang. Kata Kunci: Pengaruh, metode mind mapping, pemahaman belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jun 2022 00:26
Last Modified: 09 Jun 2022 00:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60349

Actions (login required)

View Item View Item