Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP ULAT API (Setora nitens Walk.) PADA KELAPA SAWIT

TENGKU RIZKY ZEHAN FAHRUZA, - (2022) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP ULAT API (Setora nitens Walk.) PADA KELAPA SAWIT. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP ULAT API (Setora nitens Walk.) PADA KELAPA SAWIT Tengku Rizky Zehan Fahruza (11682103325) Di bawah bimbingan Yusmar Mahmud dan Novita Hera INTISARI Setora nitens Walk merupakan salah satu hama yang menyebabkan kerusakan pada tanaman kelapa sawit. Salah satunya yaitu kerusakan pada daun kelapa sawit yang dapat menyebabkkan proses fotosintesis terganggu yang berakibat pada penurunan produktivitas kelapa sawit. Pengendalian Setora nitens Walk dapat dilakukan dengan menggunakan ekstrak daun pepaya (EDP). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak daun pepaya (Carica papaya L.) yang efektif dalam pengendalian Setora nitens Walk. Penelitian dilakukan di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Laboratorium Teknologi Bahan Alam dan Mineral Fakultas Teknik Universitas Riau pada Bulan Mei sampai Juni 2021. Setora nitens Walk diberi perlakuan EDP konsentrasi kontrol, 2%, 4%, 6%, 8%, 10%, 12%, dan 14% yang disusun secara rancangan acak lengkap (RAL). Parameter yang diamati adalah waktu awal kematian hama, mortalitas harian, mortalitas total, LC50, dan penurunan aktivitas makan. Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa konsentrasi EDP berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan. Konsentrasi EDP yang efektif dalam mengendalikan Setora nitens Walk adalah konsentrasi 14% EDP dengan presentase awal kematian 16,5%, mortalitas harian 86,9%, mortalitas total 100% dan presentase penurunan aktivitas makan Setora nitens Walk. 86,1%. Kemudian hasil probit nilai LC50 menunjukkan bahwa 9,1% EDP mampu membunuh 50% hama Setora nitens Walk. yang diuji. Kata kunci : Elaeis guineensis Jacq., hama utama, pestisida nabati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 09 Jun 2022 00:25
Last Modified: 09 Jun 2022 00:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60348

Actions (login required)

View Item View Item