NURMANINGSIH, - (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANDAR PETALANGAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurmaningsih (2022): Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya kecenderungan siswa yang kurang terhadap pembelajaran yang diawali dengan pemecahan masalah yang dapat mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari dua kelas yakni kelas XI IPS1 dan XI IPS2 dengan jumlah total 54 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 54 siswa. Secara keseluruhan siswa tersebut dijadikan sebagai sampel (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien nilai R square = 0,283 = 28,3% ini berarti variabel bebas strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir mempengaruhi variabel dependen kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 28,3% dan sisanya 71,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 00:22 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 00:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60345 |
Actions (login required)
View Item |