Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE DRILL DENGAN STRATEGI JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI MTS AL-MUHAJIRIN TAPUNG KAMPAR

HANA PUTRI MAHARANI, - (2022) PENERAPAN METODE DRILL DENGAN STRATEGI JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI MTS AL-MUHAJIRIN TAPUNG KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANA PUTRI MAHARANI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hana Putri Maharani, (2022) : Penerapan Metode Drill dengan Strategi Jigsaw untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Siswa Kelas 8 di MTs Al-Muhajirin Tapung Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Drill dengan strategi Jigsaw untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas 8 di MTs Al-Muhajirin Tapung Kampar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan metode Drill dengan strategi Jigsaw efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas 8 di MTs Al-Muhajirin Tapung Kampar?. Penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Desain yang membandingkan dua kelas yang tidak diacak. Populasi penelitian adalah siswa kelas 8 A dan 8 B di MTs Al-Muhajirin Tapung Kampar 2020-2021, dengan siswa di kelas 8 B sebagai kelas Kontrol dan kelas 8 A sebagai kelas Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Bahasa Arab di sekolah tersebut. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Drill dengan strategi Jigsaw dan keterampilan membaca siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan membaca bahasa Arab antara siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Drill dengan strategi Jigsaw dan yang diajar dengan tidak menggunakan metode Drill dengan strategi Jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Muhajirin Tapung Kampar. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, hasil perhitungan menunjukkan nilai thitung = 4,21 lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,67 dan taraf signifikansi 1% = 2,406. Kesimpulan penelitian ini adalah Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, Artinya penerapan metode Drill dengan strategi Jigsaw efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca. Begitu juga pada table observasi, metode drill dengan strategi jigsaw mendapatkan nilai 100% dengan arti bagus sekali (jayyid jiddan) karena terletak pada taraf signifikan 100% - 81%. Dengan data tersebut, metode drill dengan strategi jigsaw dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas 8 di MTs Al-Muhajirin Tapung Kampar Kata Kunci : Metode Drill, Strategi Jigsaw, Keterampilan Membaca, Efektifitas,.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:50
Last Modified: 08 Jun 2022 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60340

Actions (login required)

View Item View Item