Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU PAKET MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYA SADI DAN M. NASIKIN

Alvindra Nori Wandana, Alvindra (2022) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU PAKET MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYA SADI DAN M. NASIKIN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

Moderasi merupakan ajaran Islam yang mengarahkan umatnya agar adil, seimbang, bermaslahat dan proporsional, atau sering disebut dengan kata “moderat” dalam semua dimensi kehidupan. Wasathiyyah atau moderasi saat ini telah menjadi diskursus dan wacana keislaman yang diyakini mampu membawa umat Islam lebih unggul dan lebih adil serta lebih relevan dalam berinteraksi dengan peradaban modern di era globalisasi dan revolusi industri, informasi dan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku paket mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Atas karya Sadi dan M. Nasikin. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan penelitian kepustakaan/library research. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai moderasi beragama dalam buku paket mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Sekolah Menengah Atas karya Sadi dan M. Nasikin, yaitu keseimbangan (tawazun), toleransi (tasamuh), anti kekerasan, moderasi dalam akidah dan komitmen terhadap kebenaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Menengah Atas
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:45
Last Modified: 08 Jun 2022 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60301

Actions (login required)

View Item View Item