Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA TUNAS BANGSA KECAMATAN BALAI JAYA KOTA KABUPATEN ROKAN HILIR

YESSI YUSTRIANI, - (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA TUNAS BANGSA KECAMATAN BALAI JAYA KOTA KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YESSI YUSTRIANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yessi Yustriani, (2021): Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa Kecamatan Balai Jaya Kota Kabupaten Rokan Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa di kelas XI IPS 1 yang menggunakan strategi pembelajaran information search dengan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 2 yang menggunakan strategi pembelajaran lain di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa. Penelitian ini dilatar belakangi dengan sebagian besar siswa kurang memperhatikan pelajaran yang dijelaskan oleh guru karena dapat menyebabkan hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah bentuk Posttest Only Desaign With Nonequivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh strategi pembelajaran information search terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas XI sebanyak 135 siswa terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel adalah siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 1 dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa dan XI Ilmu Pengetahuan Sosial 2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji “t”. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan dengan taraf signifikan 5 % (1,669) dan 1% (2,387) atau 1,669 < 4,636 > 2,387 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Information Search dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran lain pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa. Dengan adanya perbedaan tersebut maka dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh Strategi Information Search terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Swasta Tunas Bangsa. Kata kunci : Pengaruh, Strategi Information search, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jun 2022 05:03
Last Modified: 06 Jun 2022 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60274

Actions (login required)

View Item View Item