PENGARUHPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODEQUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 KAMPAR

Rahmi Fitria, (2014) PENGARUHPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODEQUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kampar karena sebagian besar siswa belum mencapai standar KKM yang ditetapkan, yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran aktif melalui metode Question Student Have terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran aktif melalui metode Metode Question Student Have terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 SMP Negeri 2 Kampar yang berjumlah 40 orang yang terdiri dari 2 kelas yang telah diuji homogenitasnya dengan menggunakan uji varian. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan untuk pretes, empat kali pertemuan dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Question Student Have, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan analisis data dengan rumus tes-t dengan syarat analisis data harus normal dan homogen. Pengujian normalitas digunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas dengan uji varian. Berdasarkan hasil analisis data thitung lebih besar dari pada ttabel baik itu dari taraf signifikan 5% maupun 1% (2,02 < 2,79 > 2,72) dan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (53,4 > 39,5). Artinya dari adanya perbedaan maka terdapat pengaruh model pembelajaran aktif melalaui metode Question Student Have terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar. Kepada guru matematika diharapkan untuk mencoba menggunakan model pembelajaran aktif melalui metode Question Student Have untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Jul 2016 21:38
Last Modified: 30 Jul 2016 21:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item